Penyakit yang Disebabkan Oleh Kamar Mandi yang kotor

Kamar mandi merupakan tempat yang sangat rawan untuk dijadikan sarang bagi berbagai jenis kuman, bakteri, jamu, dan lain sebagainya. Hal tersebut disebabkan oleh suhu ruangan yang lembab dan selalu basah menjadikan salah satu ruang di rumah ini menjadi tempat yang ideal bagi kuman dan bakteri untuk berkembang biak. Tak hanya itu saja, apabila dibiarkan dalam keadaan kotor, kamar mandi dapat menjadi tempat sumber penyebaran berbagai macam penyakit. Maka dari itu, kita harus menjaga kebersihan kamar mandi sedari dini agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa penyakit yang disebabkan oleh kamar mandi yang kotor

Penyakit yang Disebabkan Oleh Kamar Mandi Kotor

  • Hepatitis A

Penyakit yang kerap menyerang pengguna kamar mandi kotor adalah Hepatitis A. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah demam, mual, dan krat perut. Penularan dari hepatitis A biasanya melalui kotoran kotoran seseorang yang telah terinfeksi penyakit ini. Selain itu, penyebaran penyakit ini dapat melalui berbagai fasilitas di dalam kamar mandi seperti gagang pintu, gayung, ember, toilet, dan lain sebagainya.

  • Infeksi E Coli

Penyakit lain yang mengintai apabila anda menggunakan fasilitas kamar mandi yang kotor adalah infeksi dari bakteri E Coli. Gejala yang ditimbulkan dari infeksi E Coli adalah tinja berdarah, kram perut, mual-mual hingga muntah. Pada umumnya untuk dapat pulih dari infeksi bakteri ini, penderita membutuhkan waktu sekitar satu minggu.

Sama halnya dengan hepatitis A, penyebaran peyakit ini juga dapat melalui fasilitas yang terdapat di dalam kamar mandi seperti gagang pintu dan gayung.

  • Infeksi Streptococcus

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa toilet yang kotor merupakan tempat bersarangnya berbagai bakteri, kuman, dan jamur. Salah satu bakteri di dalam kamar mandi yang dapat menyebabkan penyakit adalah streptococcus. Infeksi ini juga dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang lain seperti radang tenggorokan, scarlet fever, dan infeksi kulit.

Dalam kondisi yang sudah parah, infeksi Streptococcus dapat menyebabkan penyakit yang akut seperti infeksi saluran kemih, infeksi darah, dan pneumonia atau radang paru-paru.

Tips Mencegah Penularan Penyakit dari Kamar Mandi yang Kotor

Setelah mengetahui bahaya penggunaan kamar mandi yang kotor terutama di toilet umum, pastinya anda sudah tidak mau menggunakan kamar mandi yang kotor lagi. Apabila anda dalam keadaan di mana diharuskan untuk menggunakan kamar mandi dengan keadaan yang kotor, kami memiliki tips yang dapat mencegah anda dari penularan berbagai macam penyakit. Salah satu tips yang dapat anda gunakan agar terhindar dari penularan berbagai macam penyakit, terutama infeksi dari bakteri atau kuman adalah dengan tidak menyentuh fasilitas toilet secara langsung, contohnya adalah dengan kencing dengan cara standpee agar tidak bersentuhan langsung dengan toilet.

Tips lain yang dapat anda gunakan agar terhindar dari penularan berbagai penyakit di kamar mandi adalah selalu mencuci tangan dengan sabun agar selalu steril dari bakteri dan kuman. Untuk memberikan perlindungan lebih, anda dapat menggunakan handsanitizer agar kuman yang menempel dapat mati sepenuhnya.

Setelah tiba di rumah usahakan untuk segera berganti baju yang steril agar bakteri yang menempel pada baju tidak menyentuk kulit terlalu lama. Usahakan untuk mencuci baju tersebut dengan detergen agar benar-benar steril.

Demikian sedikit ulasan mengenai penyakit yang disebabkan oleh kamar mandi yang kotor. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, terima kasih.

 

Share

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Call Now ButtonTelp : 081-332539707